Cara Merawat dan Memelihara Tokek dengan Aman




Pertama:
Angkat tokek dengan hati-hati sekali. Sebaiknya jangan terlalu sering menangani tokek ini, terutama jika tokek masih terbiasa hidup dengan bebas dan ditangkp oleh Anda. Beberapa tokek bahkan bisa menggigit manusia yang mencoba mengangkat tokek atau menangkapnya. Tetapi bila Anda harus mengambilnya, pastikan untuk berhati-hati agar Anda tidak membuat tokek ketakutan atau terluka. Pakailah sarung tangan jika tokek akan cenderung menggigit. Sarung tangan akan melindungi tangan Anda, dalam prosesnya dapat membantu mencegah tetes yang tidak disengaja akibat gigitan yang tak terduga. Duduk di lantai,dengan cara ini, jika Anda tidak sengaja menjatuhkan tokek, tokek tidak akan jatuh jauh dari Anda. Jangan pernah menekan atau menangani tokek dengan kasar. Jangan mengambil ekor tokek yang putus. Karena bila ekor tokek putus mungkin dan bisa memakan waktu hingga 40 hari untuk ekor baru tumbuh.

Kedua:
Membiarkan tokek Anda terbiasa dengan Anda. Bila Anda ingin tokek menurut harus di sesuaikan dengan lingkungan tempat tinggalnya yang baru, tokek perlu adaptasi untuk di pelihara oleh Anda. Luangkan 10 hingga 15 menit setiap hari untuk membiarkan tokek melewati dan melalui jari-jari Anda yang longgar dan berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya. 



Ketga:
Membuat habitat yang nyaman bagi tokek. Pahami lingkungan seperti apa yang disukai spesies tokek Anda ini, dan cobalah meniru lingkungan itu sebaik mungkin di kandangnya. Tokek nokturnal harus disimpan di kandang gelap di malam hari. Berikan tokek tanaman dan benda-benda untuk bersembunyi di bawah atau di belakang. Waspadai apakah spesies tokek Anda dapat memanjat dinding atau tidak. Anda mungkin perlu meletakkan layar jaring di atas selungkup untuk mencegah tokek Anda keluar dengan mudah.

Simpan mangkuk air bersih di kandang tokek Anda untuk minum. Anda juga mungkin ingin menyemprotkan air ke tanaman di kandang, karena ini dapat membantu tokek lebih lanjut meniru apa yang digunakan tokek di alam liar, tergantung pada spesiesnya. Beri makanan serangga tokek Anda. Beberapa tokek lebih suka jangkerik dan ulat kecil. Ada juga yang lain lebih suka serangga yang lebih kecil, tergantung pada ukuran dan kebutuhan makanan masing-masing spesies tokek Anda. Tokek muda mungkin membutuhkan satu hingga tiga serangga setiap hari. Tokek yang lebih tua kemungkinan lebih suka diberi makan empat sampai enam serangga tiga kali setiap minggu, atau kira-kira setiap hari.

Referensi Wikipedia
Share ke Facebook


Baca juga => Banyak Untuk Cara Menangkap Tokek

Popular Posts