Cara menangkap Tokek Jambul Lucu dan memeliharanya

     Hari ini saya akan menulis postingan yang akan membahas tokoek Jambul yang baru aku dapatkan.Karena melihat Tokek Jambul saya lucu banyak teman-teman saya yang ingin memilikinya,walaupun masih kecil baru lahir juga mau mereka.Dan kupikir apa salahnya untuk berbagi dengan mereka.
Tetapi sebelum saya memberikan kepada mereka, maka saya akan memberitahu bagaimana cara menangkap Tokek Jambul dan memeliharanya.Karena ini hewan yang jarang ada di pasaran seperti biasanya.Karena ini posting pertama saya tentang Tokek Jambul bagaimana cara menangkap Tokek dan memeliharanya.Semua yang anda ingin ketahui tentang Tokek Jambul akan saya bahas tuntas di postingan ini.



Pertama bila ingin tahu cara menangkap Tokek yaitu Anda harus tahu dulu dimana rumahnya.Dan bagaimana rumahnya,agar kita bila mau memelihara akan tahu kondisinya.Kita buatkan dulu rumah Tokek atau membelinya.Sekarang sudah banyak yang jual rumah-rumahan Tokek atau kalau gak ada ya rumah binatang reptil,hampir sama kok.Anda bisa mencarinya di toko hewan atau juga bisa online sudah banyak yang jual.Tetapi saran saya sebaiknya Anda membelinya offline aja biar bisa pilih-pilih.



     Rumah Tokek Jambul biasanya lebih tinggi dan kalau ada yang ukuran 12"x12"x18".Ini merupakan ukuran standart untuk sepasang Tokek Jambul.Bila Anda mempunyai Tokek lebih dari dua mungkin sarangnya agak besar seukuran 18"x18"x24".Ini adalah ukuran yang rata-rata yang saya miliki.Dengan ukuran segini akan memberi banyak ruang bagi Tokek untk berlarian.Yang penting penutupnya aman, sirkulasi udara baik.Saya merekomendasikan seperti yang ada di web www.exo-terra.com karena bentuknya lucu tapi nyaman bagi Tokek.Oh ya rumah Tokek namanya adalah Vivarium.





     Contoh-contoh gambar Vivarium yang dapat Anda temukan atau Anda bisa membuatnya sendiri.Banyak sumber inspirasi untuk membuatnya sendiri.Bisa cari di Google,Youtube,Facebook dll.Bila Anda ingin membelinya sebaiknya di cocokkan dengan spesies Tokek,karena tiap Tokek akan berbeda lingkungan dan alam sekitarnya.Atau Anda bisa membuatnya dengan bahan kayu,papan,triplek dll.Meskipun bahan dari kayu tidak seberapa cocok dengan spesies Tokek Jambul.Biasanya kalau Vivarium dari bahan kayu itu cocoknya dengan spesies Tokek Macan Tutul.Atau mungkin Vivarium bahan kayu lebih cocok dengan rumah atau ruangan Anda sebagai hiasan juga.


     Saya pikir vivarium kayu itu indah, saya benar-benar melakukannya, walaupun saya merasa itu jauh kurang praktis untuk lambang. Jika Anda mencari keindahan di vivarium Anda, saya sarankan Anda melakukan seperti yang telah saya lakukan dan menemukan dukungan yang indah, lampu panas dan beberapa tanaman atau bunga cantik untuk menghias bagian dalamnya. Cahaya membuat banyak perbedaan pada penampilan vivarium.


    Di dalam vivarium Anda, Anda harus membuatnya sealami mungkin untuk crestie Anda.
Di bawah ini adalah daftar semua yang saya miliki di dalam vivarium saya sendiri:
Satu tanaman gantung Exo Terra besar.Satu tanaman gantung Exo Terra kecil (Abuliton, sutra )
Satu pohon anggur besar Exo Terra.Dua tanaman tanah (satu scindapsus berdaun besar, satu philodendron).Dua cabang hutan (satu kecil, satu besar),Sepotong kulit gabus,Satu latar belakang vivarium Buddha,Satu piring air Exo Terra sedang,Substrat serat kelapa,Satu termometer dial Exo Terra,Satu Exo Terra memanggil hygrometer,Jumlah item ini tidak perlu, tetapi tokek jambul menghabiskan banyak waktu bersembunyi. Penting bagi Anda untuk memberi tokek jumlah peralatan yang perlu disembunyikan secukupnya.


     Sesuatu yang juga penting untuk kandang tokek jambul Anda adalah peralatan pendakian. 
Anda yang memiliki tokek jambul akan tahu bahwa mereka mendapatkan sebagian besar latihan dari memanjat. Dengan bantuan lamallae di kaki dan ujung ekornya, tokek jambul menghabiskan sebagian besar waktu mereka secara vertikal. Mereka mendapatkan sebagian besar latihan mereka dari pendakian, tidak termasuk saat berburu, dan bahkan memanjat ke atas vivarium sehingga untuk memanjat wire mesh! Tidak perlu memasukkan banyak  peralatan panjat karena tokek jambul dapat memanjat kaca dan sebagian besar permukaan lainnya, tetapi mungkin ide yang baik untuk memasukkan beberapa penghalang sehingga tokek Anda memiliki beberapa rute yang menarik dan melakukan olahraga yang layak! Tanaman merambat hutan adalah jenis alat panjat terbaik, karena dapat melilit dekorasi lainnya dan ditekuk, dipelintir dan diubah menjadi bentuk atau rute apa pun.


     Peralatan Internal Penting: Termometer,Hygrometer Piring air.Ini adalah satu-satunya 3 hal penting  untuk vivarium Anda. Jelas, sangat penting bahwa tokek jambul Anda memiliki alat pendakian dan bersembunyi di dalam kandang, tetapi apa yang Anda pilih terserah Anda dan seberapa banyak Anda ingin memperbaikinya. 3 di atas menurut saya sangat penting untuk memastikan tokek Anda memiliki lingkungan hidup yang sehat.Untuk mengetahui lebih lanjut tentang suhu dan kelembaban di vivarium tokek jambul, Anda dapat membaca posting saya sebelumnya di alamat berikut:  Bagaimana Agar Tokek Crested Tetap Sehat.Ada kebutuhan lain yang akan Anda butuhkan sebelum membeli tokek jambul Anda.Salah satu persyaratan paling penting dalam kategori ini adalah bentuk pemeliharaan suhu. Ini harus dalam bentuk tikar panas atau lampu panas.Seringkali Anda tidak perlu menggunakan matras / lampu, dan tokek jambul Anda akan baik-baik saja pada suhu kamar. Namun, sering kali di malam hari atau di musim dingin, suhu umum dapat turun dan meninggalkan kandang pada suhu rendah. Meskipun penting suhu tidak naik di atas 80F / 26C, penting juga tidak turun di bawah 50F / 10C. Spesialis reptil akan memberi tahu Anda bola lampu atau tikar yang cocok untuk tokek jambul Anda.


    Selain menjaga suhu di vivarium Anda, penting juga untuk menjaga kelembabannya. Ini cenderung lebih sulit, dan kelembaban alami lingkungan Anda dan sumber panas yang Anda gunakan akan memengaruhi seberapa sering Anda perlu menambah kelembaban.
Sangat mudah untuk mempertahankan begitu Anda tahu seberapa cepat kelembaban mulai turun di lingkungan Anda. Anda hanya perlu membeli 'botol mister', yang merupakan pompa botolan yang menyemprotkan lapisan air halus ke dalam vivarium. Setelah Anda melakukan ini beberapa kali, Anda akan menentukan seberapa sering Anda perlu melakukannya dan seberapa banyak Anda perlu menyemprot. Biasanya diperlukan semprotan malam, dan semprotan ringan pagi hari. Cukup mudah begitu Anda sudah terbiasa.


     Hal terakhir yang Anda perlukan sebagai tambahan untuk pembelian Anda adalah kalsium dan multivitamin. Jika Anda memutuskan untuk memberi makan tokek jambul Anda di Crested Gecko Diet, ini adalah sesuatu yang tidak perlu Anda khawatirkan, karena semua persyaratan tokek Anda sudah ditambahkan ke dalam campuran. Namun Anda harus membeli ini jika Anda mempertimbangkan memberi makan tokek Anda pada makanan hidup, atau buah untuk mengobati. Anda dapat membeli ini di semua toko reptil dan sebagian besar toko hewan peliharaan rata-rata, dan rincian lebih lanjut tentang cara menggunakan ini dapat ditemukan di tautan di atas di bagian Peralatan Internal Penting.



     
     Saya harap Anda menikmati bagian hari ini, dan saya berjanji untuk mengirim tulisan-tulisan yang bermanfaat yang sesuai dengan Tokek Jambul.
Terima kasih telah membaca dan membantu membuat blog saya sukses. Ini akan sangat berarti bagiku.


Popular Posts